Senin, 04 Januari 2016

BAB IV PROSES MATERIAL HANDLING IRON ORE PALLETS (IOP) MENGGUNAKAN BELT CONVEYOR

BAB IV
PENUTUP


4.1        Kesimpulan
        Setelah melakukan pengamatan, pengambilan dan pengolahan data di PT. Krakatau Steel, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan mengenai Proses Material Handling yang terdapat pada pabrik besi spons, kesimpulan tersebut adalah sebagai berikut :
1)  Penggunaan conveyor pada PT. Krakatau Steel dalam proses material handling berguna untukmemaksimalkan efisiensi waktu dalam menyuplai bahan baku bijih besi.
2)   Tipe conveyor yang digunakan untuk proses material handling di PT. Krakatau Steel adalah tipe belt conveyor.
3)   Tipe carcass yang digunakan pada belt conveyor pengangkut bijih besi adalah nylon fabric, karena tipe carcass ini mampu menahan beban yang cukup besar dan tahan dari pelapukan.
4)  Pada proses material handling bijih besi di pabrik besi spons PT. Krakatau Steel, belt conveyor ditunjang dengan idler bertipe idlers with consenstration roller.
5)   Idler dengan tipe idlers with consentration roller memiliki keuntungan mampu meningkatkan daya angkut (cross section loading) material bijih besi dibandingkan jika belt conveyor menggunakan flat idler. Karena proses material handling IOP atau bijih besi harus mampu menyuplai bahan baku sebesar 1.500 ton/hari pada stockyard. 
4.2         Saran 

1.   Perusahaan harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja para karyawan mulai dari tempat kerja sampai menyediakan peralatan keselamatan kerja seperti pelindung mata, masker, sarung tangan, sampai pelindung kaki.
2.  Dalam penggunaan alat-alat karyawan harus memperhatikan dan menjaga alat agar tidak mudah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar